Sunday 1 September 2013

Makanan dan Penuaan


Segala sesuatu yang berlebih tentulah tidak baik, semua harus seimbang sesuai proporsinya. Demikian pula dengan makanan, ada kata bijak yang menyebutkan ‘Kita adalah apa yang kita makan’, hal tersebut benar adanya. Karena apa yang kita makan akan menjadi sumber tenaga, menyusun pembentukan  darah, tulang, dan daging kita. Beberapa makanan yang bila dikonsumsi berlebih akan mengakibatkan efek penuaan, sehingga seseorang akan terlihat lebih tua dari usianya. Berikut makanan-makanan yang akan membuat seseorang terlihat lebih tua bila terlalu banyak dikonsumsi.

Minuman Alkohol

Minuman alkohol memiliki banyak pengaruh buruk bagi tubuh. Salah satunya mengakibatkan dehidrasi, berkurangnya cairan tubuh secara drastis. Minuman soda juga memilik dampak yang mengakibatkan dehidrasi.

Garam

Idealnya seseorang tidak mengkonsumsi garam lebih dari 1500 mg tiap harinya. Konsumsi garam berlebih akan mengakibatkan peningkatan tekanan darah dan mempengaruhi produksi collagen.

Gula
Konsumsi gula berlebih diimbangi dengan peningkatan produksi insulin, sehingga akan mempengaruhi pembuluh darah serta memicu proses penuaan kulit. Disarankan mengkonsumsi gula kompleks yang berasal dari buah-buahan, karena gula kompleks lebih sulit diurai maka beban tubuh tidak berlebih.

Daging Merah
Daging merah mengandung protein yang dapat mempertebal dan memperkeras dinding pembuluh darah. Sehingga kulit lebih cepat menua.

Lemak Trans
Lemak trans (trans fat) yang terdapat pada fast food atau beberapa margarin dapat memicu penuaan kulit. Hal tersebut karena lemak trans dalam tubuh sulit ditembus oleh air.

Makanan Pedas
Makanan yang pedas dapat meningkatkan nafsu makan dan metabolisme tubuh. Namun beberapa orang memiliki alergi terhadap makanan pedas.

sumber: lang8088

No comments:

Post a Comment