Monday 26 August 2013

Karakteristik INTJ


Ulasan ini merupakan ciri secara umum dan menjadi langkah awal untuk dapat mengenali diri sendiri dan lingkungan dengan lebih baik. Bukan hasil akhir untuk menilai orang, setiap orang memiliki hak yang sama untuk menjadi lebih baik.

INTJ (Introversion iNtuition Thinking Judgment), merupakan 1 dari 16 tipe kepribadian berdasarkan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), kepribadian ini unik, kontroversial, dan sangat langka. Kurang lebih hanya terdapat sekitar 2 persen penduduk dunia yang bertipe kepribadian INTJ. Orang tipe INTJ memiliki sifat yang sangat tertutup, sulit ditebak, dan tidak suka terlihat di depan umum untuk hal yang dianggap tidak penting. Orang dengan tipe INTJ cenderung bekerja sendiri atau dalam sebuah tim kecil. Berikut karakteristik tipe kepribadian INTJ.

Penyendiri, pendiam, dan puzzle yang rumit. Sisi Introvert dari orang tipe INTJ membuat mereka jarang bicara dan tampil di depan keramaian. Sisi iNtuition dan Thinking menjadikan mereka pemikir yang abstrak, dimana selalu ada makna tersembunyi dibalik suatu kejadian serta dampaknya pada masa depan. Kombinasi hal-hal tersebut menjadikan orang tipe INTJ sulit berkomunikasi secara efektif dengan orang lain.

Optimistis dan berpikir positif. Bagi seorang INTJ segala sesuatu dapat dianalisa. Bahkan hal yang bagi orang lain terkesan gila dan mustahil, bagi mereka itu mungkin untuk dilakukan selama tidak kehilangan keyakinan. Perlu diketahui bahwa hanya ada satu hal yang tidak dapat dilakukan, yakni menjadi Tuhan.
Kepercayaan diri yang tinggi. Kelebihan orang tipe INTJ yang mengetahui apa yang mereka mampu lakukan dan apa yang tidak dapat mereka lakukan. Kesadaran akan kekuatan dan kelemahannya memberikan kepercayaan diri yang positif tentang kemampuan mereka. Aura kepercayaan diri tersebut kadang dianggap sebagai sikap yang arogan. 

Seorang pendengar yang baik. Orang dengan tipe kepribadian INTJ merupakan pendengar yang baik, mereka akan mendengarkan penuh perhatian dan menikmati untuk hal-hal yang rasional. Mereka tidak suka menyela atau memotong perkataan orang lain.

Sutradara yang tegas dan rasional. Sisi Judgment menjadikan orang yang percaya diri dalam pengambilan keputusan. Bahkan nyaris tidak ada keraguan. Sementara sisi iNtuition dan Thinking menjadikan segala keputusan lebih berdasarkan pada logika dibandingkan perasaan. Hanya saja sisi Introvert yang tidak suka tampil, menjadikan orang tipe INTJ cenderung lebih suka merelakan posisi kepemimpinan pada tipe Extrovert yang kompeten. Mereka lebih suka menjadi ‘sutradara yang mengendalikan sebuah pertunjukan teater dari balik layar’.

Inisiatif pemberontak dan pendobrak tradisi. Pemikiran INTJ sangat rasional dan tidak suka bila dibatasi aturan-aturan yang hanya dibuat untuk kepentingan sesaat. Mereka tidak patuh dan hormat pada orang lain berdasarkan pangkat, jabatan, kekayaan, kasta, atau hal lainnya yang tidak logis. Mereka hanya menghormati dan mengikuti orang yang kompeten.

Independen jujur dan apa adanya. Orang INTJ akan menganalisa dan mengatakan sesuatu secara lebih objektif dibanding orang lain. Mengatakan baik dan buruk apa adanya, bahkan hal yang menyakitkan sekalipun. Mereka sangat bebas, tanpa terikat aturan yang menurut mereka konyol, serta ketergantungan akan orang lain.

Serigala yang kesepian. Kemampuan diri yang menonjol tidak diimbangi dengan kemampuan sosial yang baik. Orang INTJ memiliki sedikit teman dekat, namun sebenarnya mereka tidak terlalu peduli dengan hal tersebut. Orang lain melihat sosok INTJ sebagai seseorang yang kesepian tanpa teman. Bagi orang INTJ bukan seberapa banyak jumlah sahabat yang dimiliki, namun kualitas persahabatannya yang lebih penting.
 
Robot dengan sedikit perasaan. Kecerdasan logika mengalahkan perasaan, ditambah wajah tanpa ekspresi, serta tatapan dingin yang tajam. Kurang sensitif terhadap perasaan orang lain. Hal-hal tersebut membuat sosok INTJ seperti robot atau cyborg bagi orang lain. Sesungguhnya orang INTJ memiliki perasaan seperti anak-anak yang masih polos (karena kurang terasah), hanya saja perasaan tersebut sering ditahan karena tidak sejalan dengan logika. Perasaan yang seperti anak-anak ini terlihat dari perasaan bahwa mereka selalu benar dan sangat tidak suka bila disalahkan, meski sesungguhnya mereka salah.

INTJ juga seorang manusia biasa yang memiliki perasaan, hanya saja tidak membiarkan perasaannya mempengaruhi keputusannya. Sebagai penutup setiap manusia merupakan makhluk yang unik dan special, demikian pula dengan INTJ. Setiap karakteristik yang ditulis diatas belum tentu semuanya benar. Ini hanyalah paparan umum, agar kita bisa lebih bijak memahami alam semesta.

38 comments:

  1. gw pikir ada yg aneh sm gw, krn gw ngerasa kaku, ga bs bergaul, penyendiri, sulit komunikasi, kurang bs team work, suka mikir ampe lama, suka tracing permasalahan, pas tes gw INTJ..........sedih dulu koq ga ada yg deket sm gw dipergaulan, gw deket sama orang2 yg gw anggep setipe ama gw aja, ga nyaman ama orang rame bawel heheheh, now i know why...i am INTJ....dan perempuan INTJ jarang lho ooops..

    ReplyDelete
  2. intj bukanlah pendengar yg baik, sifat intuitif mereka membuat mereka menjadi seseorang yg tidak fokus pada satu masalah (pikiran mereka terpecah untuk hal yg lain). Tapi mereka bisa memberikan jalan keluar yg sangat baik karena pemikiran mereka yg abstrak dan tidak kaku.

    ReplyDelete
  3. Pendapat berbeda beda, aku kira pertama aku ISTJ kalo gak ESTJ, tapi sebenernya aku itu perpaduan I sama E, dan N sama S. Jadi aku juga bisa dibilang INTJ, mangkannya aku mampir ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih sama cuy, aku pas pertama tes hasilnya INFJ, beberapa bulan kemudian ku tes lagi, hasilnya ISFJ. Dan presentasenya itu fifty fifty antara S dan N. Terus aku coba tes lagi, dan hasilnya suka ubah ubah. Kadang ISFJ kadang INFJ. Pas kemarin aku coba tes lagi, eh ternyata dapet INTJ. Dan pas lihat presentasenya T sama F beda tipis wkwk bingung dah

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. hidup ini tidak adil dan akan selalu begitu. meskipun kita mencoba baik kepada semua orang belum tentu mereka akan mengerti.

    ReplyDelete
  5. Ambil yang positif,setiap pemahaman n kriteria diri yang ada coba dikembangkan...
    Htur nhun infona...
    Regrat

    ReplyDelete
  6. awalnya saya sendiri juga merasa aneh dengan kepribadian saya yang INTJ. Pemikiran saya biasaya berbeda dengan kebanyakan orang. Orang lain sering salah sangka karena saya terkesan diam, dingin dan arogan. Saya sendiri juga tidak peduli dengan itu. Yang terpenting adalah saya bisa menjadi diri sendiri, menerima dan memahami diri saya apa adanya. i know what they think about me so much but they don't. only god can judge me, not them. cause i believe that i have to change, balance, and control the world with my way.

    ReplyDelete
  7. gue sempet berpikir gue bukan manusia...
    gue selalu benar bkn karena sifatnya, tapi karena pemikirannya yg dalam dan menembus hal-hal yg ga terpikirkan org lain sehingga mendapat kesimpulan "gue ga salah, coba kalau begini pasti begini"
    cuma org lain ga mengerti dan bilang intj egois seenaknya, sampah.

    sumpah, gue kira gue bukan manusia, tapi mutant, star seed, atau bahkan Tuhan.
    ternyata masih ada yg kayak gue.

    ReplyDelete
  8. Bener tuh. Malah aku sampe dibilang sok misterius sama temen sekelas, gak deket sih, tapi jujur aja, padahal aku merasa biasa biasa saja. Menurut mereka juga aku polos. Aku juga suka tunjukan diri aku, bahwa aku terbuka, padahal dibalik itu, gak satupun tau rahasia aku, temen deket, sahabat, ibu pun gak tau. Iya sih aku kesepian, tapi aku gak peduli :v emang, aku benci disalahin -_-

    ReplyDelete
  9. kita terlahir sebagai tipe INTJ adalah suatu kehormatan bagi kita.

    ReplyDelete
  10. Saya INTJ, berdasarkan tes resmi dari psikolog, dan saya tidak terkejut sama sekali.

    Buat yang komen di sini jangan termakan teori, jangan jadi manusia irrasional yang nurutin apa kata teori, kalo kalian INTJ, jangan berbangga diri dulu,kritisi diri kalian sendir, karena pada dasarnya kita tetap lemah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berbangga itu kecenderungan setiap manusia dan itulah sikap percaya diri dan menghargai diri sendiri jadi itu perlu. Saya nurutin teori bukannya asal manggut-manggut saja, saya nurutin teori karena ada 90% kecocokkan antara teori dan praktek(kepribadian saya).

      Delete
  11. Saya intj female tp sepertinya paparan teori juga belum tentu semua benar...
    kita ya kita... saya ya saya..
    hanya saya yg bisa mendefinisikan siapa saya...

    ReplyDelete
  12. Saya intj female tp sepertinya paparan teori juga belum tentu semua benar...
    kita ya kita... saya ya saya..
    hanya saya yg bisa mendefinisikan siapa saya...

    ReplyDelete
  13. Saya sempat berpikir saya ini kelainan apa karena selalu merasa berbeda sendiri.. banyak yang menekan segala apa yang saya lakukan padahal menurut saya selama masih menyangkut hal yang baik dan saya sendiri yang melakukannya kenapa mereka yang harus sewot? lagi pula saya merasa bahwa apa yang saya lakukan jauh lebih bermanfaat dari pada apa yang mereka lakukan..ketika berkumpul banyak pembicaraan yang tidak bermanfaat sehingga saya meninggalkannya dan alhasil saya dikira orang yang terlalu pendiam anti sosial de el el padahal saya benci forum yang tidak bermanfaat dan hanya membual.. itulah 2 dari banyak keanehan saya yang terkadang membuat saya dianggap orang yang aneh.. coba setiap manusia membaca dan mengetahui karakter dari 16 type itu mungkin mereka akan jauh lebih menghargai kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling sering aku dikatakan sombong, karena tidak bergaul dengan mereka,

      Delete
  14. sejatinya kita yang INTJ ini lebih nyaman dengan konsep2 atau pendapat2 orang lain walaupun itu beda dengan kebanyakan orang,,

    ReplyDelete
  15. Aku INTJ

    INTJ bukanlah pendengar yang baik, (meski banyak yang mengatakan hal itu). INTJ sulit untuk fokus kepada perkataan, Instituisi (Nalar) yang bekerja secara dominan membuat mereka cuma tertarik sama motif, makna, alasan, dan solusi mereka bercerita, bukan isi ceritanya.

    apalagi INTJ tidak suka cerita bertele tele, yang dibumbui drama emosional, meski tampak luar kelihatan mendengar, pikiran kami sebetulnya mengembara karena tidak langsung ke inti.

    Tidak semua INTJ seperti robot, atau wajah kaku. mereka menggunakan zombie philosophy

    yang paling sering dikatakan adalah aku sering dikatakan tidak sopan, atau sombong. aku sering dikatakan tidak sopan karena mencela atau mengkoreksi orang yang lebih tua atau orang terhormat, secara terang terangan.

    ReplyDelete
  16. Ane termasuk intj
    Memang apa yg dilakukan lebih asik dan nyaman dilakukan sendiri
    Yg sering dipermasalahkan, setiap punya ide selalu ditolak orang lain, pikiran gk pernah sejalan dgn org lain
    Banyak suka dukanya
    Tpi ane bangga jdi intj
    Karna seorang intj memandang jauh ke masa depan, punya strategi dan tujuan yg pasti tercapai, walau org lain kurang bisa menerima intj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang. Ide seorang jenius memang cenderung diremehkan, tapi tenang saja suatu saat mereka memakai ide kita.

      Delete
  17. aku INTJ. aku sangat seeing di sebut orang aneh. tp aku bangga aja, biar gaada duanya :v

    ReplyDelete
  18. Sebagai INTJ mau punya temen apa enggak itu biasa aja. Kalau memang butuh temen ,tergantung. Sedih karena ga punya temen? Aneh dimata orang lain? apa benar kalian INTJ? Masih perduli dengan pandangan orang lain, pendapat orang lain?

    hah, perasaan & pemikiran kalian terlalu dangkal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak peduli tentang itu. Tapi saya sangat marah ketika tidak dihargai. Dan ketika takdir mulai macam-macam.

      Delete
  19. Saya INTJ. Dan pastinya "Kolom komentar" memang sebaiknya di sort dari terbaru hingga terlama.

    ReplyDelete
  20. kapan kita ngobrol

    ReplyDelete
  21. Saya emang intj penuh keraguan benar kata ilmuwan ALBERT EINSTEN: orang pandai penuh dengan keraguan but why i am seeing orang bodoh penuh dengan rasa percaya diri.....Tuhanlah yg membuat kita sadar akan pengetahuan yg luas....saya InTj sering disebut aneh pemikiranku gak sama ama Temen sesama

    ReplyDelete
  22. Saya INTJ berdasarkan psikotes si-p*dia. Awalnya dulu saya pendiam dll, smk saya berusaha untuk mengakrabkan diri dg teman2. Kuliah ternyata saya masih tetap sama. Saya masih polos, saya sering berpikir saya aneh. Saya sering mengasingkan diri. Dan kadang menekan diri saya sendiri.

    ReplyDelete
  23. Saya sering di katain aneh . Dan susah bergaul tp, saya ambil positive nya aja sih kalau mereka ngatain aneh dan ansos berarti mereka ngefans sama saya

    ReplyDelete
  24. Semuanya benar. Dan saya tidak peduli meskipun saya berbeda dan aneh. Yang penting saya menang.

    ReplyDelete
  25. Saya INTJ setelah berkunjung ke klinik TONG KOSONG, Saya menjadi INTROSPEKSI...

    ReplyDelete
  26. Hi,I am a female intj. Saya ga punya teman like seriously I have 0 close friend Dan Saya ngerasa biasa aja. Sudah banyak sekali yang bilang saya ansos lah sombong lah, saya ga ambil pusing. Saya sangat jarang mau ikut ngumpul dan tdk akan balas WA/angkat tlfn jika tdk penting atau bukan urusan kuliah. Therefore, it's really hard for me to maintain friendship. Even though I am very much want to do that I just can't. I'd rather stay home and do my own thing. Saya akui ini sisi negatif saya. Saya memang senang kesendirian Dan menyibukkan diri sendiri kayak baca, main game, taking classes (I love taking online classes), taking care of my pets, etc. Paling kesel deh kalo ada org yg ganggu waktu saya. Dari dulu saya selalu dijauhi oleh teman sekelas cewek. I am aware of that. I don't know maybe mereka ga mau cewek aneh kayak saya ada di dalam lingkaran pertemanan mereka lol. Jadi ya saya ngumpulnya sama cowok2 karena obrolannya lbh berbobot, isinya ga melulu curhat. Saya ga suka bgt sama cewek yg terlalu perasa apa2 baper hadeuhh. Oya saya paling malas dengar cewek curhat, karena saya pasti akan kesal sendiri. Saya pun tdk pernah curhat karena saya bs memikirkan solusinya sendiri, ga melihat esensi dr curhat itu apa.

    ReplyDelete
  27. Wah para INTJ berkumpul.
    Hai, saya juga berkepribadian INTJ.
    Hanya punya beberapa teman yang sudah sangat dekat, tapi rahasia tetap saya simpan bagi Tuhan dan diri sendiri. Sangat menyukai kesendirian. Sangat benci keramaian, dan bukan berarti malu berbicara didepan orang, ya ga suka aja :v. Semua dipikirkan sangat sangat matang. Perencanaan sangat jauuuuuhhh ke depan. Kira-kira begitulah saya :D. Have a nice day semuanya!

    ReplyDelete
  28. Halo semua yang merasa pribadinya INTJ, salam kenal😁 Kita punya masalah yang sama terhadap cara pandang orang mengenai kita,relasi sosial,dan cara kita menemukan keunikan dalam diri. Tidak berbaur bukan karena merasa paling mampu dan gak butuh orang, tapi karena kita merasa punya tanggung jawab yang penuh untuk mencapai target, harus review ulang hasil dari pemikiran, merencanakan dan mencari cara untuk secepat mungkin meraih itu. kepuasan kita terletak ketika berhasil menjalankan sesuatu sesuai rencana, percayalah, ide kita bernilai tinggi ! KITA BERBEDA DAN KITA BISA!

    ReplyDelete