Wednesday 28 August 2013

INTJ Underachiever


Biasanya anak-anak sekolah atau mahasiswa, belajar untuk mendapatkan nilai yang baik. Karena dengan nilai yang baik mereka akan memperoleh kesempatan yang lebih baik untuk memperoleh pekerjaan. Korelasinya adalah tentang uang, sehingga dapat disimpulkan bahwa beberapa orang belajar untuk uang. Berbeda dengan orang lain, orang dengan kepribadian INTJ cenderung belajar, kalau mereka anggap perlu, untuk kepuasan dan kesenangan mereka sendiri.

Orang INTJ suka berpikir secara rumit, menganalisa berbagai kemungkinan masa depan, serta langkah-langkah apa yang mungkin dapat diambil untuk memperoleh hasil terbaik. Namun mereka bukan pribadi yang mudah diatur, sehingga terkadang mereka justru memperoleh masalah di sekolah atau kampus. Mereka jarang tertarik dengan sesuatu yang menarik bagi orang lain. Mereka menjalani hidupnya dengan gaya mereka sendiri.

Demikian dalam kehidupan sosial di sekolah ataupun di kampus. Mereka hanya melakukan hal yang mereka inginkan. Mengikuti kelas yang menarik bagi mereka dan meninggalkan kelas yang membosankan. Kalaupun mereka mengikuti kelas yang menurut mereka membosankan, pikiran mereka ada di tempat lain. Sealin itu mereka bukan seorang team player, mereka sering mengalami masalah dalam tugas kelompok. Karena bagi mereka bekerja dalam kelompok kurang efisien, selain itu anggota kelompok yang lain dianggap kurang kompeten. Bahkan bisa saja mereka tidak menghormati guru atau dosen yang mengajar karena mereka kurang kompeten.

Kecerdasan yang dimiliki orang INTJ kadang menjadikan mereka arogan, semisal mereka berpikir tidak perlu belajar untuk ujian, karena mereka yakin bisa mengatasinya dengan baik. Bagi mereka nilai bukan yang utama, yang lebih penting apa yang dapat mereka lakukan, manipulasi, atau ubah dengan kemampuan yang mereka pelajari.

Hal-hal tersebut dapat membuat orang INTJ menjadi underachiever, orang dengan kemampuan lebih namun hanya memperolah hasil yang kurang sesuai. Terkadang mereka seharusnya mendapat nilai A+, namun hanya mendapat C secara konyol.

4 comments:

  1. Wah, entah kenapa saya cuma bisa senyum-senyum sendiri. Ternyata ada juga orang INTJ seperti saya. Hahaha.

    ReplyDelete
  2. "orang dengan kemampuan lebih namun hanya memperolah hasil yang kurang sesuai. Terkadang mereka seharusnya mendapat nilai A+, namun hanya mendapat C secara konyol. "
    iya tuh betul

    ReplyDelete
  3. Ya benar! Setuju deh sama artikel ini. Gue ga suka ngikti tren. Gue kira gue aneh, ternyata cewek INTJ tuh langka

    ReplyDelete
  4. masa sih cewe INTJ langka ?
    saya cewe dan saya INTJ

    ReplyDelete